Rabu, 01 Oktober 2014

""""" I Saya Dan Dunia Keperawatan I """""""""


Tidak pernah terbersit dalam benak saya untuk kuliah di Fakultas Keperawatan UNPAD. Cita-cita saya sejak duduk di bangku SMP adalah kuliah di jurusan akuntansi karena ingin bekerja di bidang perbankan seperti kedua orangtua saya. Namun takdir berkata lain, saat akan menjalani UN SMA ayah berkata pada saya “kalau sudah IPA kuliah di IPA lagi dong, biar disiplin ilmu”. Oleh karena perkataan ayah tersebut setiap mengikuti ujian masuk Universitas saya selalu memilih keperawatan sebagai pilihan kedua karena pilihan pertama tetap akuntansi. Saat hendak mengikuti SNMPTN ayah menyarankan saya mengambil IPA saja, padahal saya niatnya mengambil IPC agar dapat memilih akuntansi. Namun saya pikir ayah benar, saya harus disiplin ilmu. Maka pilihan pertama di SNMPTN adalah farmasi ITB dan pilihan kedua adalah keperawatan UNPAD.

Dari semua ujian mandiri masuk Universitas Negeri yang saya ikuti tidak ada yang lulus. Tapi alhamdulillah SNMPTN saya lulus walaupun pilihan kedua yaitu keperawatan UNPAD. Awalnya saya tidak akan ambil karena lebih memilih jurusan Tekhnik Informatika IT Telkom. Kemudian saya konsultasi dengan semua anggota keluarga besar dan juga konsultan pendidikan. Keluarga mendukung apapun yang saya pilih karena baik keperawatan atau TI, dua-duanya bagus. Namun, saat konsultsasi dengan konsultan pendidikan dari tempat saya bimbingan yaitu TRIDAYA beliau lebih mengusulkan saya mengambil keperawatan karena prospek kerja kedepannya lebih terjamin karena keperawatan adalah profesi dan sangat cocok bagi perempuan.

Saya pun memutuskan untuk mengambil keperawatan. Saat pertama kali menginjak kampus Fakultas Keperawatan UNPAD yang ada di benak saya adalah jika saya lulus nanti saya akan menjadi perawat di rumah sakit yang pekerjaannya mengurus pasien seperti memandikan, mencebokan, dan lain-lain. Ternyata pekerjaan perawat itu tidak hanya seperti itu dan setelah lulus juga bisa memilih profesi lain tidak hanya perawat seperti konsultan kesehatan, dosen, pengusaha, dan lain sebagainya.

Saat semester pertama IP saya tidak begitu memuaskan mungkin karena saya sedang beradaptasi dengan perkuliahan yang dijalani, namun saat semester 2 IP saya mengalami peningkatan yang pesat. Semakin lama saya menjalani perkuliahan saya merasa semakin tertarik dengan dunia keperawatan dan saya semakin bangga menjadi mahasiswa keperawatan. Di keperawatan saya belajar banyak hal, saya belajar memahami psikologis orang, belajar mengenai budaya, belajar mengenai kepribadian, belajar menghargai waktu, belajar menghargai perbedaan, belajar menghargai profesi lain, dan banyak lagi. Sangat banyak ilmu yang saya dapat dari kuliah walaupun baru 3 semester saya menjalaninya. Bagi saya perawat adalah profesi yang sangat unik dan sangat patut dibanggakan.